Like Us On Facebook/BlogLivaKara

Loading . . .


Home » , » Cara Menangani HP Yang Terkena Air

Cara Menangani HP Yang Terkena Air

Written By Norman Enkabara on Minggu, 03 Juli 2011

Iklan Baris Lowongan Kerja Malang
Binggung mencari lowongan kerja di daerah malang? Langsung saja kunjungi disini
www.lowongankerja87.weebly.com
Pasang Iklan Baris
Pasang iklan baris Murah dan menyediakan layanan pemasangan iklan banner.
www.LivaKara.com
Biasanya, kita sangat kesal jika ponsel kita mengalami kerusakan, seperti terkena air atau yang lainnya. pikiran kita jadi kacau, kepala puyeng dan yang lainnya. kita pasti akan melakukan hal apapun agar ponsel kesayangan kita menjadi bagus seperti semula, bahkan kita tidak sabar untuk menunggu hari esok untuk segera membawanya ke counter. tapi jangan terburu-untuk pergi ke counter, ada baiknya anda melakukan hal yang akan saya jabarkan berikut ini :

1. Segera cabut/ambil baterai dari ponsel tersebut.

2. Keringkanlah dengan cahaya yang lumayan hangat (lampu), janganlah menggunakan cahaya matahari, karena akan mengakibatkan rusaknya sel-sel warna pada layar/LCD-nya

3. Keringkan dengan waktu yang lumayan lama (1-2 hari), jadi dalam hal ini memang dibutuhkan kesabaran, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

4. Berikan cairan khusus pada lubang conector charger pada Ponsel dan interface conector pada baterai (tempat pada batre yang terhubung dengan pesawat Ponselnya) dengan cairan alkohol atau perfume atau yang lebih baik semprotlah dengan cairan contact cleanner anti karat. Tunggulah sampai kering.

5. Setelah proses pengeringan dirasa cukup, cobalah pasang dan hidupkanlah Ponsel tersebut. Jika Ponsel masih mengalami error pada beberapa fungsinya atau terasa hangat/panas, segera ulangi proses seperti diatas.

Langkah-langkah tersebut diatas hanya bisa kita gunakan untuk Ponsel yang hanya terkena tetesan air hujan atau hanya tercebur atau masuk ke air sekejap saja. Bila telah tercebur atau berada dalam air cukup lama, langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :

7. Biasanya bila hal tersebut terjadi, Ponsel akan mengalami restart, mati hidup, atau hanya berkedip-kedip/blep (bila hal ini terjadi segera cabut baterai). Yang terparah adalah Ponsel mati total, atau unfunction.

8. Gunakanlah seperti langkah nomor 1 sampai 5, bila kerusakannya tetap atau tidak mengalami perubahan, segeralah bawa ke tempat service resmi dan bergaransi, jangan lupa untuk menceritakan bagaimana penyebab dari kondisi kerusakan Ponsel tersebut, agar teknisi bisa mengawalinya dengan langkah yang tepat. Setelah Ponsel bisa diperbaiki usahakan gantilah baterai dengan yang baru.
9. Air bisa mengakibatkan arus pendek /shorting antara arus negative dan positif dan air yang tertinggal didalam mesin/hardware Ponsel akan mengalami suatu proses pengerasan bila mendapatkan arus power/daya listrik dari baterai, biasanya air akan berubah bentuk menjadi seperti bedak putih yang semakin lama akan berwarna hijau dan kemudian coklat lalu menghitam dan hal ini jelas akan menyebakan proses konsleting pada arus hardware Ponsel, hingga Ponsel akan mengalami beberapa gangguan pada beberapa fungsinya bahkan bisa mati total/unfunction.

NB:TIPS DIATAS BISA ANDA GUNAKAN JIKA HANDPHONE TERKENA AIR TIDAK TERLALU BANYAK,JIKA ANDA TAK YAKIN AKAN HAL ITU BAWA SECEPATNYA KE TUKANG SERVIS HANDPHONE,& JANGAN SEKALI2 MEMASANG BATREY NYA,KARENA JIKA KITA PASANG BATREY NYA SEDANGKAN KEADAAN DI DALAM PCB HANDPHONE MASIH TERDAPAT AIR AKAN DAPAT MENGAKIBATKAN SHORT & MALAH MEMPERPARAH KERUSAKAN.
Share this article :
Comments
0 Comments
Follow Us On Twitter @LivaKara

Daftar Isi

    Memuat...
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2013. LivaKara - All Rights Reserved